ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH

Senin, 24 November 2008

Sehat Mental

Serat, Baik untuk Kesehatan Mental
Lagi-lagi soal serat. Penelitian terbaru menyimpulkan, orang yang kerap mengkonsumsi makanan kaya serat akan lebih bahagia, enerjik, dan mampu berpikir lebih cepat.
Salah satu bahan makanan yang diteliti adalah sereal. Selama ini, sereal banyak dikonsumsi orang untuk sarapan pagi. Pada studi ini, diteliti sejumlah relawan berusia antara 30 hingga 80 tahun. Setiap hari selama empat pekan, mereka diminta untuk mengkonsumsi 40 gram sereal yang tinggi serat.
Tapi belum sampai empat pekan -- tepatnya sepekan setelah penelitian itu dimulai -- para relawan itu mengaku merasakan sesuatu yang lebih baik. Dan memang benar adanya. Lewat sebuah tes diketahui, tingkat kelelahan yang mereka rasakan berkurang sekitar 10 persen. Tingkat depresi pun menurun cukup signifikan. Selain itu, mereka memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik ketimbang sebelumnya.
Sereal yang tinggi serat itu punya pengaruh positif terhadap sistem pencernaan. Sereal membuat usus kita lebih baik.
Ini adalah penelitian pertama yang mengkaitkan asupan serat, sistem pencernaan, dan kesehatan mental. Walau begitu, masih perlu penelitian lanjutan untuk memperkuat temuan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar