ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH

Rabu, 26 November 2008

AWAS...!!!! Update AVG Bikin File System Windows Terhapus



Bagi Anda menggunakan program antivirus dalam PC atau laptop Anda, maka mungkin sebaiknya Anda harus berhati-hati pabila file Anda yang terhapus secara sengaja, dan tanpa Anda ketahui. Sebuah update untuk software antivirus AVG 8 untuk system operasi Windows 2000, XP dan Vista yang telah dirilis Sabtu lalu telah memberikan adanya kesalahan peringatan dari antivirus tersebut bahwa file system dalam Windows, user32.dll, adalah sebuah Trojan horse. Masalah kesalahan warning AVG ini juga berpengaruh kepada antivirus yang sama versi Belanda, Perancis, Italia, Portugis, dan Spanyol.


Sementara itu, AVG Technologies dengan cepat segera mengoreksi masalah kesalahan tersebut baik untuk AVG versi free atau paid version. Jika user melakukan interaksi atas warning dari update AVG 8 tersebut, maka file user32.dll akan terhapus, dan seketika meninggalkan system Windows XP dengan rebooting atau tidak bisa reboot kembali.

Perusahaan AVG yang bermarkas di Praha telah memposting detail dari permasalahan tersebut dan memberikan metode untuk memperbaikinya di website AVG. Perbaikan yang dilakukan yakni men-disable layanan AVG dan meng-copy file user32.dll dari CD instalasi Windows, namun hanya jika PC tidak di-reboot kembali. Namun, untuk perbaikan AVG tersebut sepertinya belum jelas efeknya di system Windows Vista.

Representative dari AVG mengatakan bahwa, AVG telah aktif bekerja untuk melakuakn remedy terhadap masalah tersebut untuk user dan memberikan update terbaru untuk versi commercial dan free dari AVG 7.5 dan AVG 8.0 untu berbagai bahasa. Untuk user yang menginstal update AVG 8.0 tersebut akan menerima adanya peringatan bahwa file system Windows user32.dll versi product 5.1.2600.3099 telah terinfeksi oleh Trojan dan dianjurkan untuk dihapus dalam pengoperasian Windows XP.

Masalah ini muncul gara-gara file definisi virus baru. Karena itu AVG merekomendasikan para pengguna antivirusnya yang menerima definisi update secara otomatis untuk mematikan fitur Auto Update dan membatalkan proses scan yang sedang dijalankannya.

Awalnya masalah ini terisolir pada sistem Windows XP, tetapi ada juga pengguna Vista yang melaporkannya. Komputer yang terpengaruh sama sekali tidak bisa booting atau akan melakukan rebooting berulang tanpa berhenti.

Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan proses perbaikan yang menyebalkan, yang mencakup instalasi ulang Windows, memperbaiki sistem operasi dengan disk Windows, atau menggunakan disc boot untuk mengambil file-file yang Anda perlukan dari direktori C:-Windows-System32-dllcache.

AVG 7.5 dan AVG 8.0 terpengaruh oleh definisi file yang kacau ini. Namun ada berita baik: saat ini file tersebut sudah diperbarui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar