ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH

Kamis, 26 Februari 2009

Sound Tetap Gak Bunyi Setelah Instal Driver

Banyak pertanyaan dari temen2 tentang masalah sound ,pasalnya driver sudah diinstal sampai finish dan success tetapi sound masih saja gak bunyi padahal sebelum diinstal sound masih bisa dipakai atau masih kondisi normal. pusing juga sama masalah ini apalagi bagi seorang yg masih awam didunia computer .sering juga saya mengalami hal tersebut dengan berbagai macam masalah ,sehingga banyak pengalaman2 yang saya ambil dari masalah tersebut.

Biasanya masalah tersebut dipicu dari 3 faktor berikut:

1.driver sound kurang tepat /salah
Disarankan pakai soware pendeteksi hardware sebelum melakukan penginstalan driver sound ,misal Everest , PC Wizard , Belarc Advisor atau yang lainnya ,atau setidaknya kita tau merk mainboard dan chipsetnya . sebab jika kita salah memasukkan atau salah instal maka komputer bisa ngehang . contohnya singkatnya jika kita salah driver ialah sound tetep tidak bunyi dan jika driver di uninstal lewat device manager maka komputer akan langsung restart, tanpa kita melakukan perintah itu atau terjadi blue screen .



jika masalah tersebut terjadi pada kita, maka kemungkinan akan terjadi trouble pada sistem dan yang pasti tak bisa masuk windows.maka solusinya ...kita masuk windows dengan safe mode atau tekan f8 saat booting awal lalu kita uninstal driver yang sudah ada tadi/salah.

selanjutnya kita instal lagi drivernya,klo kita masih ragu buka chasing juga tidak apa2, biar kita tahu benar audionya apa? biasanya didekat audio out ada tipe/jenis audionya . dan jika soundnya HD AUUDIO maka jangan lupa instal pathnya dulu .



2.setting jemper sound pada mother board
kebanyakan masalah ini terjadi pada komputer buatan pabrik (bukan rakitan) sebab komputer buatan pabrik selalu disertai audio keluaran di depan yang terhubung antara jumper pada bios dengan audio belakang , biasanya letaknya dekat jenis audionya . cara setingnya tinggal didesuaikan dengan merk komputer. setiap merk kebanyakan berbeda dalam penempatan setting jumpernya tapi hakikatnya tetap sama cuma kita butuh penerjemah khusus untuk mengatasinya.
tinggal memindahkan settingan 1,2 menjadi 2,3.


3.pengaturan bios

jika kedua langkah diatas sudah dilakukan dan sudah maksimal maka kemungkinan lainnya adalah pada pengaturan biosnya , untuk mengatur pengaturannya cukup masuk bios lalu di enable untuk onboard ac 97 audio nya,atau di auto
(pengaturan ini berlaku jika menggunakan sound onboard)


atau di set default saja ,biar pengaturan bios kembali seperti pada pengaturan awal. lalu disave dan lihat hasilnya setelah windows dijalankan,dan coba ditest.


jika masih tidak bunyi maka vonis akhir atau kemungkinan besar memang terjadi kerusakan pada hardwarenya.solusinya cukup ganti hardware /sound card dan masalah selesai.

"SELAMAT MENCOBA"
jika ada yang punya pengalaman berbeda mohon ditambahkan dalam kotak komentar. agar kita bisa saling share dan jika perlu didiskusikan

5 komentar:

  1. blog antum udah saya link di blog saya, afwan kemarin2 terlewatkan.
    no comment buat yang ini,coz ga mudeng.he..he..

    BalasHapus
  2. nestor_raditya24 April 2009 13.09

    makasi buat pak Ahmad atas bantuannya.

    BalasHapus
  3. thanks bgt ilmunya, kebetulan emang lagi bermasalah sama yang 1 ini sob...

    BalasHapus
  4. Saya juga mengalami..
    Masih bingung..

    BalasHapus
  5. maaf.
    kan biasanya win 7-8 tidak perlu menginstal driver.
    dan memang setelah reinstal OSnya suara tersebut bisa.
    namun ketika beberapa hari kemudian, suara tersebut tidak bunyi sama sekali, padahal ane sudah cek di bagian device manager dan tombol suara di laptop ane.
    itu kenapa gan????
    mohon pencerahannya...
    apa memang speakernya yang rusak gan???

    BalasHapus