ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH

Selasa, 10 Februari 2009

Cara Menginstal Windows XP di Notebook Compaq CQ40-116TU -Intel


Awalnya sempat pusing juga,pasalnya sudah banyak cara dan banyak OS yang dipakai untuk menginstal notebook COMPAQ Presario CQ40 tapi tetap saja tidak ada hasilnya,dan selalu mengalami kendala dalam menginstal Windows XP ke notebook ini,mulai dari xp2,xp3,vista vortex,xp2 sata yang versi lama(dulu sempat buat juga tapi pakai driver sataraid yang vetsi lama juga)xp black pun sudah dicoba tapi hasilnya tetap sama
karena layar biru alias BSOD (Blue Screen of Death)yang selalu saja menghampiri saat hdd mulai kedeteksi. Setelah mutar-mutar dan pusing akhirnya saya temukan tips dan triknya. Problemnya adalah terletak pada sistem proteksi internal di Laptop HP Compaq untuk tidak menggunakan sistem operasi lain selain Windows Vista. Jadi bawaan pabriknya kan Vista. Sementara di sisi penggunaan Windows Vista kurang begitu leluasa apalagi bagi pengguna awam. Jadi pihak manufakturnya merekomendasikan untuk paket dengan Windows Vista yang terkenal menawan, menawan tapi mengorbankan sisi performa dan banyak keluhan

Ada 3 cara .pertama dengan update BIOS-nya, tapi ini kalau tidak hati-hati resikonya fatal sebab kesalahan sekecil apapun bisa mengakibatkan bios rusak atau mati total. cara yang kedua yaitu dengan bantuan USB floppy dengan driver sata didalamnya cara penggunaannya yaitu usb floppy dipasang lalu waktu proses instalasi pres f6 , setelah itu ada perintah menambahkan driver sata yang ada didalam floppy dengan menekan s (untuk menambahkan) atau Cara yang ketiga dengan mengintegrasikan master XP with SATA AHCI nya menggunakan NLITE. Jadi dengan alasan keamanan mendingan pake cara yang ketiga saja jangan mencoba trik yang pertama karena sangat beresiko.

Peralatan yang dibutuhkan untuk mengintegrasikan SATA AHCI nya itu antara lain:
1. NET FRAMEWORK
2. NLITE
3. Sata AHCI CQ40

Kalo 3 software di atas sudah ada maka mulai buat CD Installer XP dengan rencana memasukan driver SATA AHCI (Slipstreaming). Gunakan komputer lain yang ada Nero Burningnya.

1. Instal dulu Net framework sampai Finish. Kemudian NLITE nya.
2. Buka NLITE lalu pilih NEXT.




Pilih lokasi CD Setup Windows.




Pilih atau buat folder tempat penyimpanan.




nLite akan menyalin file dari CD setup windows XP ke folder penyimpanan.




Pilih Drivers dan Bootable ISO.Kemudian Pilih Single Driver.




Pilih SATA AHCI Controller yang sesuai dengan chipset notebook anda. Untuk melihat tipe chipset bisa menggunakan aplikasi CPU-Z.
Khusus untuk HP Compaq Cq 40 gunakan yang didownload tadi tentukan lokasi filenya. Driver SATA untuk CQ40 yang dibutuhkan adalah "Intel(R) ICH9M-E/M SATA AHCI Controller" yang terdapat pada "iaAHCI.inf" (di dalam folder yang download tadi). Jadi pilih driver itu jangan yang lain.




Tahap selanjutnya adalah Create Iso (Buat ISO) atau direct burning (bakar langsung) ke media CDR untuk menjadi sebuah kepingan CD Booting XP hasil kreasi Anda.
Selamat Anda Telah berhasil membuat sendiri CD booting XP untuk HP COMPAQ CQ 40 atau bahkan bisa dipakai untuk menginstal pada PC atau Notebook lain.



Langkah Selanjutnya adalah Menginstal Laptop Compaq CQ40 dengan CD booting XP yang telah dibuat sampai finish.



untuk instalasi drivernya jangan sampai salah urutan diinstal dari chipset sampai selesai
Driver Audio ,hendaknya di install setelah selesai menginstall driver chipset & VGA
Install Microsoft UAA Bus Driver for HD Audio dulu baru kemudian IDT High Definition Audio CODEC
Jika setelah instalasi kedua driver diatas belum muncul "found new hardware" maka installah hotfix kb888111.exe atau cukup jalankan audiopatch.bat.

Jika sudah muncul "found new hardware" pilih "install from a list or spesific location(Advance)" klik next trus pilih "don't search. i will choose the driver to install" klik Next pilih yang "sound, video and game controllers" klik next, klik have disk. arahkan ke "C:\SWSetup\SP39671\WDM\WinXP" trus pilih yang "STHDA.INF" klik OK trus klik drivernya (IDT High Definition Audio CODEC) klik next.

Jika sudah muncul "found new hardware" lakukan langkah seperti diatas kemudian arahkan ke tempat anda menaruh driver HDMI (extract dulu file rar-nya) trus pilih "IntcHdmi.inf" klik ok dan pilih "Intel(R) High Definition Audio HDMI".

Jika masih muncul "found new hardware" lagi maka installah driver modemnya.
Sampai disini audio driver Compaq Presario CQ40-116TU Notebook harusnya sudah berbunyi. Coba restart laptop anda trus lihat di device manager driver audio yang tadi di install ada tidak, atau cek audio bisa bunyi nggak? kalau nggak bunyi berarti harus apply pacth, caranya adalah sebagai berikut :

Dengan melakukan resrtart Microsoft UAA Bus Driver for HD Audio service.
Karena versi terbaru driver express 4 chipset tidak mau melakukan otomatis restart service ini maka kita harus melakukannya secara manual. Caranya anda harus terlebih dahulu mendownload devcon.exe utility dari microsoft. Kemudian buatlah sebuah batch file dengan notepad dan copy tulisan berikut notepad tadi
DEVCON.EXE RESTART "PCI\VEN_8086&DEV_293E&SUBSYS_3607103C&REV_03"
Dimana PCI\VEN..... adalah hardware id dari Microsoft UAA Bus Driver for HD Audio.
Kemudian simpan di c:\patch\ dengan nama audiopatch.bat
extract file devcon.exe kemudian copy \i386\devcon.exe (jika anda menggunakan 32bit OS) atau \ia64\devcon.exe (jika anda menggunakan 64bit OS) kemudian paste di direktori yang sama dengan tempat anda menyimpan audiopatch.bat (c:\pacth\).

Agar pacth ini bisa berjalan setiap kali Notebook dijalankan maka anda harus memasukkannya kedalam startup pada registry. Jika Anda tidak bisa dan tidak begitu tahu registry ada alternatif yang lebih mudah agar patch bisa berjalan ketika startup.

Caranya buatlah shortcut dari audiopatch.bat (klik kanan, send to, desktop (create shortcut), pindahkan shortcut tadi ke C:\Documents and Settings\user\Start Menu\Programs\Startup\ dengan begitu audiopatch.bat akan dijalankan secara otomatis ketika windows dijalankan.

23 komentar:

  1. pusing ni punya aq qo msh blue screen
    mw instal xp gagal truz
    udh d coba brulng x.
    soalnx blm ada OS nya,
    tolong ksi solusi nx....
    reply in fatoer@plasa.com

    BalasHapus
  2. saya pengguna cQ 40..
    kalo mo instal xP dimana yang bisa bantu..
    saya tinggal dijogja..
    tlong kasih solusinya
    ...djengkol_87@yahoo.com

    BalasHapus
  3. gimana sich cara update bios pada CQ40

    BalasHapus
  4. Anonim @ boleh...
    Mas Andy @ ok ..mksih .semua ni juga dukungan dari temen blogger kok
    fatoer @ mas ,...dulu waktu pertama kali q instal juga gtu mas . tapi alhamdulillah setelah buat xp dengan sata terbaru saya bisa istal hp compaq tu(Slipstreaming )
    coba deh mas ambil salah satu trik diatas . moga sukses.
    djengkol.blogsport @ dicoba dlu aja mas pakai trik diatas jgan langsung pasrah gtu ..mudah kok mas, atau klo emang gak da waktu mas bisa kan datang ketoko mas beli . atau dijogja juga banyak tu bengkel komputer...klo misal mas mau ketempat saya juga gak pa2. saya tinggal dipwdd.

    BalasHapus
  5. MOHON BANTUANNYA..buat mas andi atau semua rekan2 yang mbaca commentku ini...aku lgi pnya masalah nie ama Laptopku (compaq cq 40 116 tu).kemarin aku coba install ulang pake windows xp yang udah di slipstream, pas habis proses copying file khan trus reebot, lha habis reebot kok laptopnya gak bisa booting lagi, cuma keluar tampilan "compaq" ama perintah "press esc..." lalu diem teruuuuss...setelah aq pencet "esc" kok tetep gak bisa masuk menu bios lagi....dan sampai sekarang masih kayak gitu...mohon bantuannya dengan sangat...makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  6. Nestor Raditya13 April 2009 12.25

    Mohon dengan sangat bantuannya,,
    saya pakai PC dgn OS XP pro 64bit sp1,,(mobo MSI p-45 neo3)
    masalahnya ada di audionya yg tdk bisa nyala,,
    pada device manager bagian microsoft uaa bus driver for HD audio masih belum berfungsi..(mungkin bermasalah di updatenya)
    Bagaimana saya harus mengaasinya ya??
    Kalau mas/mbak ada linknya bisa tolong direply atau dikirim ke email saya di : nestor_raditya@yahoo.com

    Terimakasih banyak atas bantuannya..

    BalasHapus
  7. aditya @ klo masalah seperti tu biasanya hardwarenya mas, klo softwarenya kayaknya gak. apalagi hasil slipstream tu gak ngaruh...
    setahu saya slipstream tu istilahnya hanya menambah driver sata saja. ato mungkin rusak pada biosnya juga bisa...(akibat flashbios atau virus )
    sekedar saran klo memang masih bergaransi mendingan digaransikan saja.

    BalasHapus
  8. mas ajari instal win XP pada compaq CQ40-401AU, cos laptop ku itu ... trims sebelumnya

    BalasHapus
  9. thanks infonya,.....sangat berguna....bro
    koq laptop CQ40 bermasalah ky gini ya..???? jadi ragu gw mo bli nih laptop

    BalasHapus
  10. Info yang amat bagus mas !
    thanks...

    saya juga mengalami masalah yang sama...
    blue screen juga pada saat instalasi windows sp2, pada saat penginstalan ( starting windows ) malah blank "bluescreen" padahal baru beli.
    dikira virus nggak mungkin.
    saya kira error akibat tangan saya.
    setelah baca2 postingan mas akhirnya dapat pencerahan juga^^..heheh

    jadi untuk bisa mengikuti petunjuk2 yang mas berikan saya harus menginstall salah satu OS dulu dong untuk menjalankan software2 yang mas referensikan.

    pakai Vista apa Linux ya ?
    vista bajakan gpp kan ?

    thx
    great info ...

    BalasHapus
  11. udh berkali-kali nyoba pake nlite sampe udah ngabisin 3cd kosong buat bakar isonya tapi masih BOSD. eh pas instal Ubuntu 9.04 (terbaru) langsung tokcer......

    Apa ini notebook gak compatible sama XP ?????

    masa sih kalah sama Linux...

    BalasHapus
  12. @ Azeus mengatakan : sebelimnya sudah pernah menginstal windows blom mas? klo blom pernah istal ngajarinya lumayan serius sih agak ribet dikit bagi pemula ..
    tapi klo dah pernah instal windows caranya sama cuma sebelum diinstal driver sata dikonfigurasikan dlu dgn windowsnya
    @ onny : sama2.sebenere bukan masalah bro, memang dari sananya dibuat sedemikian rupa agar produk yg dikeluarkan lebih efisien..
    seandainya gak gini kita juga pasti males belajar n gak dapat ilmu

    @ananda alvarie: sama 2.ya syukurlah klo postingan ini bisa memberi pencerahan...

    pakai apa saja terserah deh asal pengguna enjoi ja
    @mungkin driver satanya blom masuk kali , jadi blom bisa dipakai...alias blue screen tiap digunakan. dulu saya pertama buat juga gtu....
    coba lagi deh

    sebenarnya sih ...udah direkomendasikan untuk vista bro. masalah compatible sih saya rasa tidak cuma xp yang blom pakai sata memang blom bisa.

    BalasHapus
  13. cari cd bajakan vista sulit bgt nih
    trpaksa kdu instal dgn vista aja walo rumit tp terbantu dgn tutor ini. thanks for share om

    BalasHapus
  14. Pa bener setelah install win xp yang dah di-modif harus pake BIOS Flasher? kLo gak pake itu, efeknya apa? situ tinggal di purwddi mana?
    aq jg anak prwdd

    BalasHapus
  15. @om ipit :sama2....
    @alta compt: y harus diflash sbelum diinstal driver dan aplikasi yg lainnya..

    trus efeknya sih gak da , cuma nanti driver gak kan terinstal dengan sempurna.. coba ja dlu.
    pwdd nya pas simpanglima. depan puskesmas persis

    BalasHapus
  16. from adit aja.

    oia para kk diatas ada yang tahu ga kenapa setelah install xp di laptop hp cq35 loading windows xpnya lama banget?? tp waktu di balikin ke vista ga ada masalah?? secara compac cq35 dan 40 ga beda jauh kan?? apa mendingan pake vista aja??

    BalasHapus
  17. M.Toha
    Nuwun Mas, postingan jenengan. Ini aku tertolong banget. nuwun.

    BalasHapus
  18. angel men nginstale mas.... tolong bilanin compac nya mas,,, klo ga niat jualan ga sah nyusahin user.....

    BalasHapus
  19. @Anonim:pernyataa tu apa gak kebalik ta mas??

    @mudzakkir-toha.zxq.net:ya sama2 ,sekedar berbagi pengalaman saja sama temen2 disini

    @Anonim:tujuannya bukan nyusahin user tapi mempermudah dan dengan bahan sperti tu bisa dijual lebih murah .dan untuk software2 terbaru juga pasti support,sedang hardware yg lama belum tentu,... hanya saja kita harus sedikit tau saja , dan semua ini juga menambah wawasan kita toh,... bukan memperbodoh.intinya gak da pihak yg dirugikan jika saja mengerti

    BalasHapus
  20. kalo acer aspire 4738z gimana?

    BalasHapus
  21. kalo acer aspire 4738z gmana?
    solusinya donk... thank ya...

    BalasHapus